
2. Packaging
Sebelum anda membuat kemasan anda perlu tahu apa itu Packaging? Packaging/kemasan adalah wadah atau bungkus dari sebuah produk. Saat ini, kemasan merupakan suatu alat pemasaran yang sangat penting. Kemasan yang dirancang secara cermat dan tepat akan menimbulkan nilai kecocokan bagi konsumen dan nilai promosi bagi produsen dalam hal ini adalah anda sendiri yang memiliki produk tersebut.
Sebelum melihat isi produk Konsumen atau calon pembeli biasanya akan tertarik dari kemasan kemudian isinya, buatlah kemsan untuk sampul produk anda sebagus dan semenarik mungkin guna memikat konsumen, bagaimanapun yang pertamakali dilihat adalah kemasannya, sebagus apapun produk anda apabila anda tidak mengemasnya secara baik dan menarik maka tidak akan optimal dalam menarik pembeli dan akan hilanglah kesempatan anda untuk mendulang emas dari produk yang anda tawarkan tersebut.
Konsep kemasan produk dapat di bedakan menjadi dua pokok utama, yang pertama kemasaan secara real atau nyata hal ini dapat anda terapkan pada produk anda berupa barang atau ide yang anda bukukan. Kedua kemasan non-real atau tidak nyata kemasan ini digunakan dalam produk anda berupa jasa, tentunya berbeda dengan kemasan real, kemasan non-real tidak perlu warna atau bentuk yang dibuat semenarik mungkin anda hanya perlu mengemas produk anda dalam bentuk penawaran kepada konsuen secara Verbal saja, kemaslah produk anda yang berupa jasa tersebut dengan kata-kata semenarik mungkin sehingga konsumen menjadi tertarik dengan produk yang anda tawarkan tersebut.
Inilah dua pokok penting yang harus anda perhatikan dalam pembuatan produk anda, karena dengan dua pokok ini anda akan bisa menetukan sukses tidaknya bisnis yang anda jalankan.