Berikanlah informasi yang benar sesuai dengan kenyataan mengenai produk yang anda tawarkan tersebut. Berikut informasi penting yang harus anda sampaikan kepada konsumen, agar konsumen merasa puas dengan informasi produk yang anda sampaikan.
1. Keterbukaan Informasi Kualitas Produk
Keterbukaan informasi produk disini maksudnya anda harus memberikan informasi mengenai produk yang anda tawarkan. Sebagai contoh jika anda memasarkan produk berupa barang, atau apapun informasi yang harus anda berikan kepada calon pembeli adalah informasi keunggulan produk barang yang anda tawarkan tersebut.
seorang calon pembeli akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan bila produk tersebut memiliki keunggulan-keunggulan serta nilai manfaat yang lebih dibanding dengan produk lain, kalau sudah demikian maka pembeli akan memprioritaskan harga menjadi nomor sekian kepada produk anda dan akan membeli produk anda karena melihat keunggulan dan nilai manfaat yang lebih dibanding dengan produk yang lain walaupun produk lain lebih murah. Informasi yang anda berikan kepada calon pembeli dengan tepat akan mempercepat anda mencapai sukses. Bagaimana cara mendapatkan produk yang berkualitas? Dalam pembahasan BAB berikutnya akan saya sampaikan jadi mohon sabar yaaaa...he...
2. Keterbukaan Informasi Komposisi Produk
Salah satu sifat manusia adalah ingin serba instan tanpa memperhatikan komposisi yang dianjurkan. Jangan sampai anda kena komplain konsumen mengenai produk anda, yang harusnya ampuh malah menjadi tidak ampuh setelah dipakai, disebabkan ketergesa-gesaaan konsumen pada waktu mengkonsumsi produk sehingga tidak memperhatikan komposisi yang dianjurkan. Banyak konsumen yang ingin cepat-cepat membuktikan keampuhan dari produk yang anda tawarkan dan mengkonsumsi produk anda secara berlebihan sehingga yang terjadi bukan nilai manfaat yang didapat malah sebaliknya, konsumen menjadi kecewa dengan produk anda dikarenakan kesalahan anda yang tidak memberikan informasi komosisi dari produk yang anda buat.
Sangat penting bagi anda untuk menginformasikan nilai komposisi dari suatu produk yang anda tawarkan kepada konsumen agar konsumen dapat mengambil nilai manfaat dan keunggulan dari produk yang anda pasarkan secara optimal dan konsumen menjadi ketagihan dengan produk yang anda pasarkan tersebut. Berikanl informasi secara mendalam dan akurat kepada konsumen, bagaimana komposisi produk harus dipakai agar hasil yang didapat memuaskan konsumen anda. Dengan demikian ini akan menjadi suatu nilai Plus anda untuk mempercepat anda menuju kesuksesan.
Penyampaian Informasi mengenai komposisi produk tergantung dari produk yang anda buat, Ada 3 Cara yang berbeda dalam menginformasikan komposisi produk yang anda buat dilihat dari produk yang dihasilkan:
a) Apabila produk yang anda buat berupa barang, obat-obatan, dll maka informasikanlan komposisi aturan pakai dari produk barang tersebut, sehingga konsumen dapat mengikuti aturan pakai yang anda anjurkan dan mendapatkan hasil optimal dari produk barang yang anda buat dan mereka puas.
b) Apabila produk yang anda hasilkan berupa jasa maka informasikanlah bagaiman komposisi jasa yang anda hasilkan dalam hal ini lebih dititik beratkan kepada aturan main yaitu bagaimana konsumen menggunakan produk jasa anda sehingga konsumen puas dengan pruduk jasa anda dan mereka tidak akan mencari yang lain lagi apabila suatu saat memerlukan produk anda kembali. Buatlah flow untuk mempermudah menggunakan produk jasa anda.
c) Apabila produk yang anda hasilkan berupa Informasi maka berilah bimbingan dan panduan bagaimana cara penggunaan produk informasi yang anda buat kepada konsumen sehingga konsumen tidak kebingungan dalam mengkonsumsi produk informasi anda, seperti ebook, slide, video dll. berikanlah penekanan penekanan pada poin poin penting supaya konsumen lebih faham, jangan segan untuk mengulang (menjelaskan kembali) poin-poin yang dianggap sulit difahami.
PENTING!!!!
1. Untuk item 1 dan 2 akan lebih baik dijalankan dalam bisnis konvensional/offline, tetapi untuk IKLAN penawaran produk sangat bagus melalui media digital dalam hal ini INTERNET karena tidak terbatas dalam ruang dan waktu dan semua orang dari seluruh dunia dapat mengakses dan mengetahui mengenai produk yang anda sajikan.
2. Untuk item 3 lebih baik dalam media digital dan dibuat dalam bentuk ebook, slide, video, karena lebih praktis dan tidak memerlukan biaya tambahan lain seperti biaya pengiriman sehingga 100% profti akan menjadi milik anda.