
1. BUATLAH IDE PRODUK SECARA UMUM SEBAGAI ACUANKenapa saya bilang Ide produk secara umum? disini dimaksudkan supaya dapat melihat target market anda secara global yang nantinya akan berpengaruh terhadap keyword anda nantinya. Sebagai contoh anda punya produk barang berupa Handphone misalnya, maka carilah nama umum dari produk handphone tersesbut, "Electronic Produk atau Electronic gadget" misalnya. Dari sini anda dapat mencari target market anda secara global dan kata Electronic Gadget atau Electronic Produk itu bisa dipakan sebagai kata kunci juga untuk mengarahkan user kesitus anda. Perlu anda ketahui bahwa setiap satu kata kunci merupakan satu pasar jadi jika anda dapat mengoptimalkan setiap kata kunci maka anda akan dapat mengoptimalkan setiap pasar dan itu artinya anda dapat mengoptimalkan pendapatan juga. Untuk ide produk akan saya bahas pada poin ke-3 pada artikel berikutnya.
1. STRATEGI PRODUK
Anda akan kalah berperang kalau anda tidak memiliki strategi perang. Jangan samapai anda menggunakan strategi membabi buta dalam berperang karena yakinlah anda pasti tidak akan pernah menang. Begitu pula dalam pembuatan produk baik itu untuk dipasarkan secara online ataupun offline perlu strategi agar produk yang dihasilkan bisa laku keras dipasaran, sehingga konsumen banyak mencari produk anda atau bahkan anda bisa kewalahan melayani konsumen karena banyaknya pemesanan, kalau sudah demikian keputusan sudah barang pasti ada ditangan anda, anda bisa menaikan harga produk anda dan anda pun bisa cepat menjadi seorang yang kaya raya hasil dari buah karya anda yang super hebat, yaitu produk anda.
Baik saya tidak akan penjang lebar berikut strateginya!!
A. Tentukan Sasaran
Anda tidak mungkin akan menang dalam pertempuran kalau anda tidak mengetahui siapa sasaran anda, dalam bisnis online dan bisnis offline pun demikian anda tidak akan pernah berhasil menjadi seorang yang sukses jika anda memasarkan produk tetapi tidak tahu sasaran penjualan anda siapa, dalam hal ini anda harus menentukan siapa sasaran pemasaran anda? apakah pelajar, bisnisman, pengusaha, ibu rumah tangga dan masih banyak lagi. Carilah informasi yang mendalam dan akurat mengenai sasaran anda tersebut, lebih spesifik maka akan lebih baik hasilnya, perlu anda ingat dan ketahui ketika anda sudah menentukan sasaran maka anda harus fokus dengan sasaran anda tersebut agar anda mendapatkan hasilnya secara optimal. Keinginan untuk mencapai tujuan (achieve) itu penting, tapi yang jauh lebih penting adalah proses untuk mencapai tujuan tersebut yang harus dilakukan dengan memfokuskan diri dan konsisten. Jika anda mampu fokus dan terus-menerus secara konsisten melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan, maka berdasarkan pengalaman tujuan itu pada akhirnya akan didapat.
B. Kuasai peta
Peta disini bukan peta atlas tentunya....peta disini maksudnya peta pemasaran produk yang akan anda pasarkan tentunya, ketika anda telah menemukan siapa sasaran anda maka mulailah buatlah peta perencanaan bagaimana cara agar anda bisa menguasai pasar, sehingga semua konsumen akan mengacu pada produk anda dan memilih produk anda, rancangalah strategi pemetaan tesebut agar anda tidak kalah dalam pemasaran produk.
Carilah celah dari saingan kita caranya mudah saja anda tinggal ketik saja di seacrh engine tentang produk yang anda pasarkan maka disana akan menemukan siapa saja saingan anda disana kemudian buka satu satu halaman web mereka dan intip apa kekurangan dari produk mereka kemudian anda ubah kekurangan produk mereka tersebut menjadi suatu keungguluan dalam produk anda. Begitu pula dalam bisnis offline carilah kekurangan saingan bisnis anda tersebut, harus anda perhatikan walau pun anda harus membuat produk yang sama dengan saingan bisnis anda saya tidak merekomendasikan untuk mencontek produk saingan anda tapi berikanlah keunggulan dari produk yang anda tawarkan, sebagai contoh: saya teringat waktu masih kecil di kampung yang namanya serabi itu hanya ada satu rasa saja yaitu asin, tetapi setelah beberapa tahun belakangan ini saya mendapatkan serabi yang rasa coklat, strawbery, dan aneka rasa lainnya. Inilah salah satu contoh bahwa produk boleh sama yaitu serabi tetapi berilah ciri khas dan kenunggulan pada produk yang anda tawarkan tesebut.
Untuk Poin kedua saya sampaikan pada artikel berikutnya, mohon maaf atas ketidak rutinan saya dalam menyampaikan artikel dikarenakan kesibukan saya yang padat. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya dan TETAP SEMANGAT!!!!